Sarana IPS

Assalamualaikum Wr Wb. 

Salam sehat dan sejahtera, semoga Allah SWT senantiasa memberikan keberkahan dan perlindungan kepada kita semua, aamiin.

Blog ini dibuat sebagai sarana pembelajaran IPS untuk jenjang pendidikan SMP, semoga memberikan manfaat ilmu dan kemudahan bagi peserta didik untuk mempelajari dan memperoleh materi keilmuan IPS.

IPS (Ilmu Pengetahuan Sosial) adalah salah mata pelajaran di jenjang pendidikan SMP dimaksudkan untuk membangun peradabahan dalam bidang sosial, yaitu bagaimana manusia bisa memenuhi kesejahteraan hidupnya dengan melakukan interaksi sosial dan interaksi dengan lingkungan sekitar. Di sadari atau tidak bahwa tidak ada kehidupan sukses tanpa peran dan bantuan orang-orang dan ketercukupan kebutuhan dari sumber daya alam yang ada di sekitarnya. Untuk itu interaksi adalah sebuah kebutuhan dan sudah menjadi kodrati. Mari kita perhatikan bagaimana manusia bisa muncul dalam kehidupan di dunia, sebelum Allah SWT meniupkan ruh, telah terjadi proses interaksi yang intensif antara seorang suami dengan seorang istri. Dalam kurung waktu yang telah ditetapkan, maka lahirlah dia ke dunia dengan bantuan, sekali lagi bantuan dari banyak pihak. Demikian juga dalam penginjak kedewasaannya, lebih banyak lagi orang-orang yang terlibat (berinteraksi) dengannya. Dan ternyata tidak hanya sampai cukup di situ, dalam proses ketiadaannya di dunia menuju ke alam kekekalan di akherat masih merepotkan dan melibatkan banyak pihak orang-orang di sekitarnya.

Lantas bangaimana kita bertindak terhadap kenyataan yang demikian? Di sinilah mata pelajaran IPS berperan membantu manusia dalam mencapai kesempurnaan kedewasaan yang sukses. Lho koq bisa?! Ya karena dalam materi pembelajaran IPS akan dipelajari tentang nilai dan norma yang menjadi rel interaksi manusia dalam memenuhi kebutuhannya, bagaimana manusia memanfaatkan dan memberdayakan lingkungan sekitar untuk pemenuhan dan keserasian hidupnya. 

Itulah sekelumit kupasan peran strategis mata pelajaran IPS dalam merajut kehidupan manusia, semoga Allah SWT dan orang-orang baik bersama senantiasa mengarahkan dan membantu kita, aamiin.

Waalaikumsalam Wr. Wb.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

PEMBELAJARAN PERTEMUAN 1 IPS KELAS 8 TENTANG ASEAN