PEMBELAJARAN PERTEMUAN 1 IPS KELAS 8 TENTANG ASEAN
PEMBELAJARAN 1
PERUBAHAN KERUANGAN
DAN INTERAKSI ANTARRUANG
DI INDONESIA DAN
NEGARA-NEGARA ASEAN
A. Tujuan
Pembelajaran:
1.
Melalui pembelajaran secara daring, diskusi melalui chat, pertemuan secara
online, siswa dapat memahami perubahan di Indonesia dan negara-negara ASEAN
yang disebabkan oleh faktor alam dan manusia.
2.
Melalui pembelajaran secara daring, diskusi melalui chat, pertemuan online,
siswa memahami interaksi antarruang Indonesia dengan negara-negara ASEAN yang
disebabkan oleh faktor alam dan manusia.
3.
Melalui pembelajaran secara daring, diskusi melalui chat, pertemuan online siswa
dapat mengambil manfaat untuk menangkap peluang ekonomi, politik, pengembangan
teknologi , sosial, budaya dalam rangka membangun kesuksesan diri dan Indonesia
menjadi lebih maju.
PETA ASEAN
Perhatikan
sejenak Peta di atas!
Kemukakan
keinginantahuan kalian tentang keadaan negara-negara yang ada di peta di atas
dengan mengajukan pertanyaan dan tuliskan di bawah!
.....................................................................................................................................
.....................................................................................................................................
.....................................................................................................................................
Nah,
setelah kalian menuliskan keingintahuan kalian, mari kita pelajari lebih jauh
tentang negara-negara di ASEAN.
Ada
satu hal harus kita pahami dan sepakati, bahwa kehidupan manusia termasuk
negara-negara di dunia ini, termasuk ASEAN tidak akan dapat memenuhi
kebutuhannya hidupnya tanpa berinteraksi dengan manusia atau negara-negara lain
dunia. Mengapa demikian, karena manusia atau negara memiliki keterbatasan, baik
keterbatasan SDA, penguasaan teknologi, dan kualitas SDMnya. Sementara itu
bahwa kebutuhan manusia tak terbatas. Di sinilah manusia (mayarakat) suatu
negara harus mendatangkan barang dan jasa dari negara lain untuk saling
melengkapi. Sampai di sini, apakah kalian memahami?
Untuk
itu, anak-anak sebelum jauh melanjutkan pembelajaran, kalian harus memahami
terlebih dahulu potensi dan kekurangan dari Indonesia dan negara-negara lain di
ASEAN, maka di sinilah akan muncul peluang dan kekuatan. Dari situ maka kalian
nanti akan memahami apa dan Indonesia yang harus lakukan agar kehidupan kita
semakin sejahtera. Ini penting untuk siapa saja yang ingin masa depannya
sukses.
C. Mengenali
Negara-negara ASEAN
1. Nama-nama negara di ASEAN: ..................................................................
2. Batas-batas wilayah astronomis ASEAN: ....................................................
3. Batas-batas wilayah geografis ASEAN:........................................................
4. Iklim dominan wilayah ASEAN: ..................................................................
5. Potensi SDA alam dominan masing-masing negara ASEAN: .........................
6. Potensi dan Jumlah penduduk masing-masing negara ASEAN: ......................
7. Agama dan kepercayaan yang dianut masyarakat ASEAN: ............................
8. Mata pencaharian dominan masyarakat ASEAN: ..........................................
9. Memperhatikan kondisi yang ada pada masing-masing negara ASEAN, bisakah Indonesia menjadi negara yang paling maju?
10. Berikan pemikiran untuk menjadikan Indonesia menjadi negara paling Maju di ASEAN!
Kenali dulu Kondisi di atas dan sampai di sini pembelajaran kita hari ini. Selanjutnya untuk menjawab pertanyaan di atas isi pada tugas di GC pada menu tugas.
Tautan GC Pembelajaran IPS:
Kelas 8-A: https://classroom.google.com/c/MTE3NjIyMzEwMTk3 Kode Kelas: ini3reb
Kelas 8-B: https://classroom.google.com/c/MTEwNjU5NDg4NTkw Kode Kelas: lfvrlsj
Kelas 8-C: https://classroom.google.com/c/MTI5MjMxMTkyMzE4 Kode Kelas: mtgpf3f
Kelas 8-D: https://classroom.google.com/c/MTI5MjMxMTkyMzMx Kode Kelas: epfk5lb
Kelas 8-E: https://classroom.google.com/c/MTE3NjIyMzEwMTYw Kode Kelas: 2cipenw
Kelas 8-F: https://classroom.google.com/c/MTE3NjIyMzEwMTYw Kode kelas: ia5csrbKode kelas
kelas
Kode kelas
Komentar
Posting Komentar